LOGO bkdpsdm
Beranda > Artikel > Desa Sesaot Terima Penghargaan Dari Menparekraf
Artikel

DESA SESAOT TERIMA PENGHARGAAN DARI MENPAREKRAF

Posting oleh dpmdlobar - 8 Nov. 2021 - Dilihat 270 kali

Giri Menang (Suara NTB) – Masuk lima puluh besar nasional, Desa Wisata Sesaot Kecamatan Narmada Lombok Barat (Lobar) dikunjungi langsung Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno.

Kunjungan tersebut dalam rangka penilaian Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2021 sekaligus memberikan penghargaan bagi Desa Sesaot atas keberhasilannya masuk dalam Nominasi 50 Besar ADWI 2021 dari total 1.831 desa wisata di Indonesia yang mengikuti ajang ini.

Kunjungan Menparekraf Sandiaga Uno ini diterima langsung Bupati Lobar, H. Fauzan Khalid beserta jajaran Forkopimda Lobar di kantor Desa Sesaot, Rabu, 3 November 2021.

Pada kesempatan itu, Menparekraf mengucapkan selamat pada Desa Wisata Sesaot terpilih menjadi 50 besar desa wisata terbaik Desa Wisata Indonesia Bangkit.

Ia berharap, dengan berkembangnya desa-desa wisata yang ada seperti Desa Sesaot, mampu menjadi faktor pemulihan ekonomi nasional dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya.

Di tempat yang sama, Bupati Lobar H. Fauzan Khalid mengucapkan terimakasih atas dukungan Kemenparekraf RI dan kepada semua pihak yang telah bekerja keras hingga melajunya Desa Wisata Sesaot menjadi 50 besar desa wisata terbaik se-Indonesia.

Turut hadir juga dalam kunjungan Menparekraf RI ini adalah anggota Komisi X DPR RI Syamsul Luthfi, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB Yusron Hadi dan Kapolresta Mataram Kombes Pol Heri Wahyudi.

Terpilihnya Desa Sesaot menjadi 50 besar Desa Wisata dalam ajang ADWI 2021 ini juga disyukuri Kepala Desa (Kades) Sesaot Yuni Hariseni.

Hal ini menurutnya tidak lepas dari hasil kerja keras dan kolaborasi antar lembaga desa dan masyarakat beserta pemerintah kabupaten hingga provinsi.

“Dari kemarin Desa Sesaot telah dinilai untuk ADWI dan Alhamdulillah hari ini dikunjungi langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno,” lanjutnya.

Diakuinyapemerintah desa bersama Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan masyarakat telah mencoba berbagi peran untuk memperjuangkan Desa Sesaot, sehingga bisa lebih dikenal secara luas.Untuk ke depannya, Yuni optimis bisa meningkatkan kualitas pariwisata yang ada di Sesaot, baik dari pengelolaan, penerapan CHSE di destinasi-destinasi wisata.

Di hari sebelumnya, salah satu dari tim penilai ADWI 2021, Panca R Sarungu mengatakan bahwa potensi Desa Sesaot sangat bagus.Ia berharap kedepannya BUMDes dan pokdarwis bisa lebih bersemangat untuk berkolaborasi membangun desa wisata ini.

Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 dijelaskan Panca merupakan ajang yang diselenggarakan oleh Kemeparekraf RI bertujuan untuk menjadikan desa wisata Indonesia sebagai destinasi pariwisata berkelas dunia dan berdaya saing tinggi dengan beberapa kriteria yang sudah ditentukan.”Terdapat 7 kriteria yang menjadi penilaian, mulai dari toilet, digitalisasi, daya tarik wisata, penilaian homestay, suvenir, dan konten kreatif,” sebutnya.

Artikel ini telah terbit di website suarantb.com

Klik untuk baca : https://www.suarantb.com/desa-sesaot-terima-penghargaan-dari-menparekraf/

Editor : Redaksi Suara NTB