Pembekalan Peserta Ujian Dinas PNS Kabupaten Lombok Barat Tahun 2020

Foto untuk : Pembekalan Peserta Ujian Dinas PNS Kabupaten Lombok Barat Tahun 2020
Share

Bidang Pendidikan dan Pelatihan Pegawai Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKDPSDM) Kabupaten Lombok Barat mengadakan kegiatan Pembekalan bagi peserta Ujian Dinas Pegawai Negeri Sipil di Lingkup Pemerintah Kabupaten Lombok Barat pada hari Senin, 23 Juni 2020 bertempat di Kantor BKDPSD Kabupaten Lombok Barat. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh peserta Ujian Dinas yang sudah mendaftarkan diri dan telah mengikuti seleksi administrasi yakni sejumlah 42 orang yang terdiri dari 18 orang peserta Ujian Dinas tingkat I dan 24 Orang peserta Ujian Dinas Tingkat II. Kegiatan ini dilakukan dalam 2 sesi, yakni sesi 1 untuk peserta Ujian Dinas Tingkat I yang dilaksanakan pada pukul 08.30 WITA dan Sesi 2 untuk peserta Ujian Dinas Tingkat II pada Pukul 10.30 WITA.

                Pembagian sesi untuk pembekalan peserta Ujian Dinas ini dilakukan untuk membatasi berkumpulnya banyak orang sesuai dengan protokol kesehatan ditengah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung sampai saat ini. Para peserta juga memproteksi diri dengan menggunakan masker dan sebelum memasuki ruangan mereka juga diwajibkan untuk mencuci tangan dengan sabun dan menggunakan hand sanitizer. Kegiatan pembekalan ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai pelaksanaan Ujian Dinas supaya para peserta dapat mengikuti kegiatan itu dengan baik dan mendapatkan hasil maksimal yakni lulus ujian dinas. Pembekalan ini sendiri diberikan oleh Kepala Bidang Pendidikan dan Pelatihan BKDPSDM Kabupaten Lombok Barat Bapak Drs. Mupahir mewakili Kepala BKDPSDM dan didampingi oleh Kepala Sub Bidang Diklat Jenjang Struktural pada BKDPSDM Kabupaten Lombok Barat, Bapak Radiananto Wijanarko, SE.

Seperti kita ketahui bersama, bahwa salah satu syarat bagi PNS yang memiliki pangkat Pengatur Tingkat I (Golongan II.d) dan Penata Tingkat I (Golongan III.d) untuk dapat dinaikkan pangkatnya harus lulus ujian dinas, disamping memenuhi syarat lain yang sudah ditentukan, kecuali ditentukan lain menurut ketentuan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku. Khusus untuk Ujian Dinas ini dasar hukumnya sudah sangat jelas, yakni :

  1. Peraturan Pemerintah nomor 99 Tahun 2000 tentang kenaikan pangkat PNS sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah nomor 12 Tahun 2002;
  2. Keputusan Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Nomor 12 Tahun 2002 tentang ketentuan Pelaksanaan Peraturan Pemerintah nomor 99 Tahun 2000 tentang kenaikan pangkat PNS sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah nomor 12 Tahun 2002;
  3. Surat Edaran Bersama Kepala Badan Administrasi Kepegawaian Negara dan Ketua Lembaga Administrasi Negara nomor 12/E/1981 dan nomor 193/Seklan/8/1981 tentang Pelaksanaan Ujian Dinas.

Untuk Tahun 2020 ini pelaksanaan ujian Dinas bagi Pegawai Negeri Sipil Kabupaten Lombok Barat akan dilaksanakan nanti pada hari Senin, 6 Juli 2020 bertempat di Ruang CAT UPT BKN Regional X di Mataram. Kegiatan Ujian Dinas ini dibagi dalam dua kategori yakni Ujian Dinas Tingkat I untuk Kenaikan pangkat dari Pengatur Tingkat I (II.d) menjadi Penata Muda (III.a) dan Ujian Dinas Tingkat II untuk kenaikan pangkat dari Penata Tingkat I (III.d) menjadi Pembina (IV.a). Adapun syarat yang harus dimiliki oleh peserta ujian dinas ini adalah Untuk peserta Ujian tingkat I memiliki pangkat Pengatur Tingkat I (II.d) minimal 2 tahun dalam pangkat terakhir sedangkan untuk peserta ujian tingkat II memilik pangkat Penata Tingkat I (III.d) dan telah menduduki jabatan Eselon III. Khusus untuk Pejabat Eselon III berpangkat Penata Tingkat I (III.d)dan telah mengikuti DIKLAT PIM Tingkat III (SPAMA) dan atau memiliki Ijazah S2/S3 dibebaskan dari Ujian Dinas Tingkat II ini.

Sambutan