Pelatihan Kewirausahaan Bagi PNS Yang Akan Menghadapi Masa Purna Tugas

Foto untuk : Pelatihan Kewirausahaan Bagi PNS Yang Akan Menghadapi Masa Purna Tugas
Share

Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKDPSDM) Kabupaten Lombok Barat bekerjasama dengan Bank BRI Syariah Cabang Mataram dan PT. Taspen Cabang Mataram mengadakan pelatihan kewirausahaan bagi PNS yang akan menghadapi masa purna tugas atau pensiun periode 2019/2020 pada hari Selasa, 10 September 2019 bertempat di Aula Kantor Bupati Lombok Barat. Kegiatan ini dihadiri oleh sebanyak 200 peserta yang merupakan para PNS yang akan menghadapi masa purna tugas periode 2019/2020. Sebelum kegiatan pelatihan kewirausahaan ini dimulai terlebih dahulu ada Sosialisasi dari Perwakilan PT Taspen Persero cabang Mataram tentang  Batas Usia Pensiun (BUP).

Kegiatan pelatihan kewirausahaan ini dibuka oleh Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia ibu Hj. Endang Astuti, S.Sos mewakili Kepala Badan yang sedang ada tugas di luar daerah. Dalam sambutannya Ibu Sekretaris BKDPSDM mengatakan bahwa masa pensiun bukan berarti masa berkarya sudah berakhir, namun justru hal tersebut merupakan sebuah babak baru untuk menjalani aktivitas lain, salah satunya adalah dengan berwirausaha. Dengan berwirausaha atau menjadi enterprener maka kita dapat memanfaatkan kemampuan yang kita miliki untuk memberi arti bagi diri sendiri, keluarga dan orang lain dalam lingkungan masyarakat.

Masa-masa pensiun merupakan masa-masa yang merdeka dimana pegawai yang sudah memasuki masa pensiun seharusnya lebih bahagia, namun dalam kenyataannya ternyata masih banyak para pensiunan yang merasakan sebuah kecemasan, baik dari segi finansial maupun status sosial dan tentu saja itu akan memberikan dampak yang buruk dari segi psikologis, banyak para pensiunan pegawai yang tidak tahu harus melakukan kegiatan apa untuk mengisi masa pensiunnya. Atas dasar itulah maka BKDPSDM bekerjasama dengan Bank BRI Syariah Cabang Mataram dan PT Taspen Cabang Mataram mengadakan kegiatan pelatihan kewirausahaan ini bagi para PNS yang akan memasuki masa pensiun, dengan pelatihan seperti ini diharapkan nantinya para pensiunan pegawai memiliki sebuah bekal dan pilihan untuk melakukan kegiatan apa untuk mengisi masa pensiunnya.

Sambutan