Gambaran Lokasi Tes SKD CPNS Kabupaten Lombok Barat Formasi Tahun 2019

Foto untuk : Gambaran Lokasi Tes SKD CPNS Kabupaten Lombok Barat Formasi Tahun 2019
Share

Sesuai dengan jadwal yang telah diterbitkan mengenai pelaksanaan tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS Kabupaten Lombok Barat formasi tahun 2019 dimana pelaksaan tes akan di laksanakan mulai hari ini tanggal  5 Februari 2020 sampai dengan tanggal 12 Februari 2020. Lokasi tes adalah di Aula Kantor Bupati Lombok Barat, sedangkan untuk lokasi persiapan ada di sekitar Kantor Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKDSPSM) Kabupaten Lombok Barat. Berikut adalah gambaran dari lokasi pelaksaan tes tersebut :

Ruang Tunggu 1

Begitu memasuki lokasi tes, ruang pertama yang akan dilalui oleh peserta adalah ruang tunggu 1, namun yang harus diingat oleh peserta, yang bisa memasuki ruang tunggu 1 hanya peserta yang akan melakukan tes pada jam tersebut, untuk peserta sesi berikutnya baru bisa masuk ke ruang tunggu 1 jika sudah diberi perintah oleh panitia. Disini peserta mulai mempersiapkan kebutuhan wajib yang akan dibawa memasuki ruang tes, yakni E-KTP Asli atau Asli Surat Keterangan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dan Kartu Peserta. Barang-barang bawaan yang lain tidak diperkenankan dibawa ke ruang ujian. Semua barang bawaan peserta bisa dititipkan di tempat penitipan barang yang sudah disediakan oleh panitia, setelah itu peserta akan duduk pada kursi yang sudah disediakan, panitia akan melakukan pemanggilan peserta sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan.

Tempat Penitipan Barang

Tempat penitipan barang terletak di dekat ruang tunggu 1, disana ada beberapa petugas yang sudah siap sedia untuk melayani penitipan barang dari peserta. Petugas sudah mempersiapkan nomor barang sebanyak 2 buah, satu akan diberikan kepada peserta dan satunya lagi akan ditempelkan pada barang bawaan peserta yang dititipkan. Namun harus diingat, yang berhak untuk menitipkan barang adalah peserta yang akan melakukan tes pada sesi tersebut dan peserta dari sesi setelahnya yang sudah diperintahkan untuk masuk ke ruang tunggu 1. Panitia sangat mengharapkan kepada peserta untuk tidak membawa barang berharga seperti perhiasan dan sejenisnya dan berharap peserta hanya membawa barang seperlunya saja, hal ini dilakukan untuk mengurangi resiko kehilangan barang dari peserta.

Loket Verifikasi Peserta

Dari ruang tunggu 1 peserta nantinya akan dipanggil oleh petugas dan diarahkan menuju tempat verifikasi peserta, tempat ini adalah tempat yang sangat menentukan apakah peserta bisa mengikuti tes atau tidak. Petugas disana akan melakukan pemeriksaan terhadap kartu tanda pengenal dan kartu peserta ujian serta mencocokkan dengan pemiliknya, jika sudah sesuai maka petugas akan memberikan paraf pada kartu peserta dan untuk selanjutnya peserta akan menuju ke tempat penandatanganan kartu. Jika dari loket ini ternyata peserta tidak dinyatakan lolos verifikasi maka peserta tersebut tidak dapat menuju ke tahap selanjutnya dan tidak diperkenankan untuk mengikuti tes SKD. Pada loket ini juga kartu peserta nanti akan disobek menjadi 2 bagian, 1 bagian akan ditinggalkan pada panitia dan 1 lagi akan dibawa oleh peserta.

Loket Penandatanganan Kartu  dan Pemberian Tanda Peserta Tes

Setelah melalui loket verifikasi, selanjutnya peserta akan menuju ke tempat penandatanganan kartu. Pada loket ini sudah ada petugas yang bertugas untuk memberikan tanda tangan dan stempel. Selain memberikan tanda tangan dan stempel, petugas juga akan melakukan pemeriksaan ulang terhadap kartu  peserta dan juga tanda pengenalnya. Jika sudah dinyakan sesuai maka petugas akan memberikan tanda tangan dan stempel, selanjutnya peserta juga akan diberikan kartu tanda peserta

Tempat Registrasi PIN Online dan Absensi Peserta

Setelah peserta melalui Loket Penandatanganan Kartu  dan Pemberian Tanda Peserta Tes, selanjutnya peserta akan menuju ke tempat registrasi PIN online, disini akan ada beberapa petugas yang akan melayani peserta. PIN peserta adalah sebuah kode yang teridiri dari beberapa digit angka, setiap peserta memiliki PIN yang berbeda-beda, PIN ini nantinya akan digunakan untuk mengakses Komputer yang akan digunakan untuk tes. Setelah PIN diberikan peserta akan menuliskan PIN tersebut pada kolom PIN yang ada pada kartu tes, sembari menunggu panitia menerbitkan PIN, peserta akan mengisi daftar hadir yang sudah disediakan oleh panitia.

Ruang Tunggu 2

Setelah peserta mendapatkan PIN dan mengisi daftar hadir, peserta akan diarahkan menuju ruang tunggu 2. Lokasi ini adalah lokasi yang sudah steril, hanya peserta yang akan melakukan tes pada sesi itu saja yang ada disana. Peserta akan duduk peada kursi yang sudah disediakan untuk menunggu pemanggilan dari ruang tes. Pada ruang tunggu 2 ini akan ada monitor yang akan menampilkan berbagai informasi yang berhubungan dengan tata cara dan peraturan saat melakukan tes. Selain itu akan ada petugas yang akan memberikan pengarahan. Peserta yang sudah masuk ke ruang tunggu 2 ini tidak diperkenankan lagi untuk meninggalkan tempatnya kecuali ke toilet, itupun harus meminta izin terlebih dahulu pada panitia.

Ruang tes

Jika sudah masuk pada waktu tes, peserta pada sesi itu akan di arahkan untuk memasuki ruang tes di Aula Kantor Bupati Lombok Barat. Ruangan ini letaknya di lantai 2, di dalam ruangan tes sudah tidak ada lagi panitia CPNS dari Lombok Barat, yang bertugas disana adalah panitia nasional seleksi CPNS Tahun Anggaran 2019 sebagai pengawas ujian yakni dari BKN pusat yang diwakili oleh Pegawai Kantor Regional X BKN Denpasar. Sebelum memasuki ruangan tes peserta akan melalui pemeriksaan menggunakan metal detektor, setelah itu peserta akan memasuki ruang tes. Peserta nantinya akan diarahkan menuju meja tes, setelah itu pengawas akan memberikan PIN Ujian dan peserta pun melakukan tes. Setelah selesai melakukan tes, peserta akan keluar melalui pintu keluar yang sudah ditentukan dan disana akan ada panitia yang bertugas untuk mengambil tanda peserta tes. Setelah itu peserta boleh meninggalkan lokasi tes.

Demi kelancaran dari pelaksanaan kegiatan tes SKD ini dan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, panitia sudah mempersiapkan petugas dari OPD terkait yang akan membantu tugas panitia, misalnya saja tim medis dari Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Barat yang akan berjaga-jaga di lokasi ujian dan juga ambulan yang siap sedia jika diperlukan. Selain itu ada juga petugas dari Polisi Pamong Praja Kabupaten Lombok Barat dan Petugas dari Dinas Perhubungan Kabupaten Lombok Barat yang akan membantu pengamanan di tempat parkir kendaraan dan pengamanan di lokasi ujian. Semoga dengan semua usaha dan persiapan yang sudah dilakukan oleh panitia akan memberikan kenyamanan kepada para peserta dan kegiatan tes SKD CPNS Kabupaten Lombok Barat formasi tahun 2019 ini sukses dan lancar tanpa kendala.

Sambutan