Bupati Lombok Barat : PNS Adalah Abdi Negara

Share

Hal itu disampaikan oleh Bupati Lombok Barat Bapak H. Fauzan Khalid, S.Ag sebagai mukaddimah dalam sambutannya dalam acara pembukaan pelatihan dasar dan prajabatan bagi CPNSD lingkup Pemerintah Kabupaten Lombok Barat pola kemitraan dengan BPSDMD Pemerintah Provinsi NTB tahun 2019 pada hari Kamis, 4 Juli 2019 bertempat di Aula Kantor Bupati Lombok Barat yang dihadiri oleh Kepala BPSDMD Provinsi NTB, Perwakilan dari OPD dan tentunya peserta Diklat yang berasal dari CPNS Kabupaten Lombok Barat formasi umum tahun 2018 sebanyak 204 orang yang terdiri dari 179 orang CPNS dari pelamar umum dan 25 orang CPNS dari tenaga Honorer. Pemilihan kalimat tersebut tentunya bukan tanpa alasan karena tanpa disadari bahwa banyak PNS yang sudah lupa tentang “kodratnya” sebagai abdi negara dan menganggap diri mereka adalah abdi pemerintah, padahal sebenarnya PNS itu adalah abdi negara yang artinya pengabdian utamanya adalah pada negara, bukan pada pemerintah yang mempunya periode tertentu.

Lebih jauh dalam sambutannya Bupati Lombok Barat juga menekankan untuk selalun menjaga Adab dan sopan santun dalam bekerja karena di masa sekarang ini masalah adab dan sopan santun sudah mulai terpinggirkan, banyak sekali kita jumpai seorang bawahan merasa lebih pintar dari atasan dan tentu saja itu sangat memprihatinkan. Selain itu Bupati juga menekankan konsep keberkahan dengan cara selalu ikhlas dalam melaksanakan tugas tanpa mengharapkan imbalan dan sikap seperti itu nantinya akan mendatangkan banyak kebaikan bagi yang melaksanakannya.

Acara pembukaan Pelatihan Dasar dan Prajabatan bagi CPNSD Kabupaten Lombok Barat ini merupakan sebuah permulaan dari serangkaian kegiatan yang nantinya akan dilalui oleh para CPNS selama masa pelatihan. Diklat untuk Pegawai Negeri Sipil terdiri dari Prajabatan dan dalam jabatan. Pelatihan Dasar dan Prajabatan Calon Pegawai Negeri Sipil merupakan suatu proses bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Menurut Peraturan Lembaga Administrasi Negara Nomor 12 Tahun 2018 tentang Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil diberlakukan bagi CPNS formasi umum yang dilaksanakan selama 51 hari dengan pola klasikal dan non klasikal. Dimana, 18 hari tatap muka dalam kelas, 30 hari habituasi atau kembali ke Instansi dan 3 hari seminar aktualisasi. Menurut Peraturan Kepala LAN Nomor 10 Tahun 2015 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Prajabatan Calon Pegawai Negeri Sipil Golongan I, Golongan II dan/atau Golongan III yang diangkat dari Tenaga Honorer Kategori 1 dan/atau Kategori 2 diberlakukan bagi CPNS formasi Honorer yang dilaksanakan selama 6 hari kerja.

Sesuai dengan agenda pelatihan yang telah disusun, kegiatan pelatihan dasar dan prajabatan bagi CPNSD Kabupaten Lombok Barat ini akan dilaksanakan mulai tanggal 10 Juli 2019 sampai dengan 18 Desember 2019 bertempat di Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi NTB. Adapun yang menjadi narasumber kegiatan ini adalah Widyaiswara dari BPSDMB Provinsi NTB. Kegiatan pelatihan ini akan dibagi menjadi 3 angkatan yang terdiri dari angkatan pertama dengan jumlah peserta 80 orang, angkatan kedua sejumlah 99 orang dan angkatan ketiga sejumlah 25 orang.

Sambutan