Bimbingan Teknis E-KINERJA Kabupaten Lombok Barat Tahun 2019

Foto untuk : Bimbingan Teknis E-KINERJA Kabupaten Lombok Barat Tahun 2019
Share

Bidang Pembinaan Pegawai BKD-PSDM Kabupaten Lombok Barat dalam hal ini Sub Bidang Penilaian Kinerja mengadakan acara Bimbingan Teknis Penyusunan Indikator Kinerja Individu sebagai Tolak Ukur Penilaian Kinerja Individu Pegawai (E-Kinerja) Tahun 2019 bertempat di Aula Kantor Bupati Lombok Barat pada tanggal 20 s/d 21 Agustus 2019 dengan jumlah peserta sebanyak 52 orang yang terdiri dari Kepala Tata Usaha pada UPT BLUD Puskesmas pada Dinas Kesehatan dan Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian OPD se-Kabupaten Lombok Barat. Tujuan dari Kegiatan Bimbingan teknis ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada peserta tentang tata cara penyususnan indikator kinerja individu dan untuk memberikan pemahaman tentang uraian tugas jabatan yang semertinya diuraikan pada SKP.

Acara Pembukaan Bimbingan Teknis ini dilakukan oleh Asisten Sekretaris Daerah Bidang Pemerintahan dan Aparatur Bapak H. Ilham, S.Pd, M.Pd mewakili Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Barat. Dalam sambutannya pada acara pembukaan tersebut bapak Asisten mengatakan bahwa kegiatan bimbingan teknis seperti ini sangat bagus untuk dilaksanakan supaya bisa mengupgrade kemampuan dan pemahaman peserta sehingga bisa menyesuaikan dengan kondisi sekarang, terlebih pada masa sekarang perkembangan teknologi sudah sangat maju dengan pesat dan kita tidak bisa lari dari itu semua, untuk untuk perlu adanya kegiatan seperti ini dan disitulah tugas dari BKD dan PSDM untuk mengembangan Sumber Daya Manusia yang ada.

 

Adapun yang menjadi latar belakang pelaksanaan bimbingan teknis ini adalah kurangnya pemahaman PNS tentang tata cara penyusunan sasaran kerja dan unsur-unsur yang diuraikan dalam tugas jabatan pada SKP sehingga berdampak pada tidak obyektif dan tidak terukur dengan baik target dan realisasi kinerja individu PNS dan juga tidak mencerminkan target dan realisasi real unit kerja dan organisasi. Selain itu para pemangku jabatan belum memahami indikator kinerja yang menjadi tolak ukur dari target dan realisasi yang harus dicapai oleh masing-masing individu PNS pada jabatan yang dipangku, terlebih jika penilaian kinerja dilakukan dengan cara elektronik (E-Kinerja) tentu akan mengalami kesulitan padahal itu menjadi basis jika pemberian tunjangan tambahan penghasilan pegawai (TPP) diterapkan di Kabupaten Lombok Barat.

Acara Bimbingan Teknis ini dilakukan dengan metode ceramah dan diskusi dengan narasumber yang berasal dari pejabat teknis pada direktorat penilain kinerja ASN, Badan Kepegawaian Negara yakni Ibu Poneta Masli, SH yang merupakan Kepala Seksi Penyusunan Program Penilaian Kinerja Pegawai dan pejabat teknis dari Kantor Regional X BKN Denpasar yakni Bapak Suparlan, S.H, M.Si yang merupakan Kepala Bidang Pengembangan dan Supervisi Kepegawaian.

Sambutan