Awali Tahun 2017, Pemkab Lobar Gelar Mutasi

Foto untuk : Awali Tahun 2017, Pemkab Lobar Gelar Mutasi
Share

Pemerintah kabupaten Lombok Barat (Pemkab Lobar), melalui Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) serta Badan Kepegawaian Daerah (BKD), telah bekerja maksimal untuk melakukan seleksi terhadap penempatan jabatan, sehingga bisa dilakukan pengukuhan dan pelantikan bagi pejabat pimpinan tinggi pratama, administrator dan pengawas Aparatur Sipil Negara, Selasa (3/1) lalu di aula utama kantor bupati.

Bupati Lobar, H.Fauzan Khalid dalam memimpin jalannya pelantikan dan pengukuhan para pejabat tersebut menyatakan, pengkukuhan dan pelantikan kali ini dimaksudkan untuk mengisi formasi pejabat yang menempati struktur organisasi, sebagai akibat dari restruktur OPD, pemberlakuan PP No.18/2016 tentang perangkat daeran serta Perda Lobar No.10/2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah Lobar. Semuanya menuntut dilakukannya penetapan urusannya menjadi kewenangan daerah.

Dasar pemikiran reorganisasi OPD kata Fauzan, karena adanya urusan pemerintah menjasdi kewenangan daerah yang terdiri dari urusan dan pemerintahan yang berkaitan dengan pelayanan dasar, urusan pemerintahan wajib yang tidak berkaitan dengan pelayanan dasar dan urusan penunjang. Dengan demikian, daerah ditunrut untuk melakukan restruktur OPD dan penataan personil sebagai upaya menata OPD agar lebih epektif dan efisien dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan prima kepada masyarakat.

Dalam pengukuhan, pelantikan dan pengambilan supah bagi pejabat tinggi pratama, administrator dan pengawas OPD ini, jumlahnya mencapai lebih dari 700 orang. Dengan dermikian, kegiatan pelantikan dan pengukuhan ini dibagi menajdi dua sesi. Sesi pertama, pada pukul 11.00 bagi pejabat eselon II dan III. Sedangkan sesi kedua pada pukul 13.00 bagi pejabat eselon IV.

Lebih lanjut dikatakan Fauzan, upaya maksimal yang dilakukan Baperjakat dan BKD Lobar, untuk melakukan seleksi kepada personil yang terpilih benar-benar telah memiliki syarat, mempunyai dedikasi kinerja yang mumpuni, sehingga bisa ditempatkan sesuai kompetensi yang dimiliki.
Pra dilakukannya pengukuhan, awalnya terlebih dahulu dilakukan rekrut panjang yang ditempuh melalui asesmen atau uji kompetensi, mantan pejabat yang belum diasesmen, dan evaluasi bagi pimpinan dimasing-masing SKPD.

Pada kesempatan itu, bupati menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada baperjakat, tim asesmen serta pihak lain yang telah bekerja keras, bahu membahu dalam rangka mensukseskan proses asessment untuk mengisi OPD yang baru. “Saya ucapkan trima kasih dan penghargaan yang tinggi khususnya kepada Baperjakat dan tim asesmen,” papar bupati dihadapan Sekda Lobar, Ketua Pengadilan Agama Lobar, Pejabat lingkup Pemkab Lobar, undangan serta seluruh pejabat yang dilantik.

Pada akhir arahannya, bupati memohon, setelah acara ini selesai, supaya semua pejabat yang dilantik agar bersama-sama menggali kebersamaan, dapat memberikan sesuatu yang positif, sehingga pebangunan di Lobar terus mengalami peningkatan dari tahun-tahun sebelumnya.

Yang terakhir lanjut bupati, ke depan akan dilakukan pansel bagi sekitar 10 jabatan yang kosong. Dan sudah tentu ini akan menimbulkan geseran dalam jabatan. Selain itu, pengukuhan pada hari ini sudah mendapatkan ijin dari BKN. Per 6 bulan akan dilakukan evaluasi. (L.Pangkat Ali/Humas)

Sambutan